KEGIATAN PENYUSUNAN PROFIL DESA/DATA DESA

Hari ini Rabu 17 Mei 2017 Desa Pasar Ngalam telah melaksanakan Kegiatan Penyusunan Profil Desa/Data Desa Tahun 2017 sesuai dengan Anggaran yang tersedia dalam APB Desa Pasar Ngalam Tahun 2017. Mengingat pentingnya Data Profil Desa diharapkan kepada Kelompok kerja yang di tugaskan untuk dapat mengumpulkan data, mengolah data serta mempublikasikan Data Profil Desa ke Website Prodeskel Kemendagri, dan Website Desa Pasar Ngalam www.pasarngalam.desa.id. 

A. Maksud dan Tujuan Penyusunan Profil Desa/Data Desa 

Peraturan Pemerintah Nomor 72 tahun 2005 tentang Desa sekarang di ganti dengan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2005 tentang Kelurahan secara eksplisit mengamanatkan bahwa dalam rangka percepatan perwujudan kesejahteraan masyarakat, desa dan kelurahan perlu dibentuk  dengan mempertimbangkan  syarat dan administrative, syarat teknis dan syarat kewilayahan sehingga dapat mengembangkan tugas pokok dan urusan yang dilimpahkan dalam bidang pemerintahan, pemberdayaan masyarakat, pelayanan publik, penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban, pemeliharaan prasarana dan fasilitas umum serta pembinaan lembaga kemasyarakatan. Hal ini berarti dalam rangka percepatan keberdayaan dan akselerasi kesejahteraan masyarakat, pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota memerlukan dukungan data profil setiap setiap desa dan kelurahan yang akurat untuk memverifikasi persyaratan serta klarifikasi tugas yang dilimpahkan agar memenuhi kebutuhan nyata masyarakat.

Dengan ketersediaan data potensi sumber daya dan perkembangannya secara obyektif, sahih dan akurat, maka berbagai kebijakan, program dan kegiatan percepatan keberdayaan dan akselerasi kesejahteraan masyarakat dalam penanggulangan kemiskinan, penanganan bencana, peningkatan ekonomi masyarakat, peningkatan prasarana dan sarana, pemanfaatan sumber daya alam dan teknologi tepat guna serta pengembangan social budaya masyarakat dalam skala nasional, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa dan kelurahan dapat dirumuskan dan dilaksanakan secara tepat, cepat, efisien, efektif serta memuaskan masyarakan yang dilayani. Berbagai landasan konstitusional kebutuhan akan ketersediaan data potensi perkembangan masyarakat di atas mengidentifikasikan bahwa pada setiap level pemerintahan, harus tersedia data profil desa dan kelurahan sebagai data dasar bersama untuk mendukung upaya pemerintah dan pemerintahan daerah serta masyarakat dan dunia usaha dalam sinerjitas kebijakan dan program percepatan keberdayaan dan akselerasi kesejahteraan masyarakat di setiap desa dan kelurahan.

B. Permasalahan

Ketersediaan data yang valid, reliable dan akuntabel merupakan suatu elemen penting dalam perencanaan program – pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Namun fenomena selama ini menunjukkan  bahwa publikasi mengenai data desa/kelurahan yang dilakukan oleh berbagai instansi seringkali kurang akurat dan berbeda – beda, serta tidak terintegrasi dengan baik sehingga masyarakat menjadi bingung mana data yang akurat.

Disisi lain pemerintah daerah kurang tanggap dalam palaksanaan data profil desa dan kelurahan sehingga kegiatan pendataan, pelatihan profil desa dan kelurahan menjadi kurang sempurna dan bahkan terabaikan. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya anggaran yang digunakan  dalam kegiatan profil desa dan kelurahan, bahkan  pemerintah daerah ada yang tidak peduli terhadap data profil desa dan kelurahan.

C. Sasaran

  1. Terlaksananya pendataan Profil Desa khususnya Pasar Ngalam;
  2. Terlaksananya pelatihan Profil Desa bagi penyusun Profil Desa dengan menggunakan aplikasi computer.
  3. Tersusunnya dokumen data Profil Desa Pasar Ngalam yang akurat.

D. Penutup

Dengan di adakannya Sosialisasi Penyusunan Profil Desa/Data Desa Pasar Ngalam sehingga Profil Desa Pasar Ngalam Update setiap bulan dan berkelanjutan setiap tahun. Pemerintah Desa sebelumnya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam penyusunan data profil desa ini.

About Author: